⁠⁠Hari Anak Nasional, Ribka: Persoalan Terhadap Anak Masih Banyak

82
Anggota DPR RI Ribka Tjiptaning angkat bicara dalam peringatan Hari Anak Nasional. Foto: IST

JAKARTA, magnetberita.com – Anggota DPR RI Ribka Tjiptaning angkat bicara dalam peringatan Hari Anak Nasional, Minggu (23/7/2017).

Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDI Perjuangan menilai masih banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi anak-anak. Termasuk memperbaiki pendidikan sekolah sebagai lembaga pembina generasi masa depan bangsa.

“Pekerjaan rumah pemerintah teramat banyak, untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi anak-anak kita. Ada pula problem kekerasan terhadap anak yang sampai hari ini kasusnya belum menurun, apalagi berhenti,” kata Ribka dalam keterangan tertulis kepada magnetberita.com.

Persoalan lainnya masih ada anak-anak miskin yang dapat KIP (Kartu Indoensia Pintar), tapi tidak bisa sekolah di negeri karena tidak diterima. Belum lagi masih maraknya bullying di sekolah, sehingga menekan psikologi anak. “Stop bullying di sekolah,” tegasnya.

Anak-anak Indonesia, lanjutnya, jangan sampai terkontaminasi dengan pemikiran intoleran, cinta kekerasan, dan kehilangan rasa nasionalisnya. Seperti muncul banyak keluhan orangtua kalau anaknya diajarkan oleh gurunya untuk tidak menyukai pemimpin yang tidak seagama dengannya seperti yang marak terjadi ketika Pilkada DKI kemarin.

Dengan banyaknya persoalan itu, Ribka menyatakan pendidikan di sekolah kepada anak Indonesia tentang toleransi, cinta tanah, anti kekerasan, haruslah digiatkan lagi.

“Pengawasan kepada lembaga pendidikan anak agar lebih intens, dan pemberian sanksi yang tegas bila ada yang mengeksploitasi politik anak. Dan Sekolah negeri untuk anak miskin,” tandasnya.

Red: Herman Me’enk⁠⁠⁠⁠