Aktivis Sukabumi Desak Kejaksaan Tuntaskan Kasus Korupsi

70
Massa PB Himasi dan Somasi berunjuk rasa di depan Kantor Kejari Kabupaten Sukabumi (Foto: MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sejumlah aktivis berunjuk rasa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di Jalan Raya Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Rabu (6/12/2017).

Para aktivis yang berasal dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Sukabumi (PB Himasi) dan Solidaritas Mahasiswa Sukabumi (Somasi) ini mendesak lembaga penegak hukum tersebut menuntaskan semua kasus dugaan korupsi.

Pantauan magnetberita.com, aksi yang berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Tepat di depan gerbang Kejari Kabupaten Sukabumi, mereka melakukan orasi secara bergantian. Terlihat juga mereka membawa spanduk bertuliskan “Menolak lupa, Selesaikan Kasus-Kasus Tipikor di Kabupaten Sukabumi”.

Ketua Umum PB Himasi, Eki Rukmansyah menyampaikan, Kejari harus terus mengawal, mengawasi serta menindaklanjuti semua kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) sampai tuntas. Dia menduga, penanganan beberapa kasus di Kejari terkesan dipeti-eskan karena tidak jelas juntrungannya.

Lihat: Penuntasan Kasus Hukum, Kejari Minta Masyarakat Harus Sabar

“Di Kabupaten Sukabumi banyak laporan kasus dugaan tipikor, kejaksaan harus menyelesaikannya secara tuntas. Jangan sampai dipeti-eskan,” cetusnya.

Setelah melakukan orasi beberapa jam, mereka akhirnya membubarkan diri. Soalnya, mereka menuding kejaksaan terkesan enggan menerimanya. Kejaksaan hanya memperbolehkan perwakilan demonstran masuk.

“Kejari tidak mau menerima kedatangan semua pengunjuk rasa. Kejaksaan hanya mau menerima perwakilan saja untuk melakukan mediasi. Itu tidak fair. Kami satu, kami semua ingin masuk,” ujarnya.

Para demonstran mengancam akan kembali berunjuk rasa ke lembaga yang dipimpin Sofyan Selle tersebut, esok hari. Malah, dengan massa yang lebih banyak. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Kejari Kabupaten Sukabumi terkait aksi para aktivis ini.

Rep: Gumelar/Renal | Red: Herman Me’enk