Beragam Acara Meriahkan Geopark Fun Day

80
SEMARAK: Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (kiri) didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami (kedua dari kiri) dan Wakil Bupati Adjo Sardjono (ketiga dari kiri) dan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi ikut menghadiri kegiatan Geopark Fun Day (Foto: MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Geopark Fun Day yang digelar di kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP) berlangsung meriah, Minggu (15/4/2018).

Berbagai acara memeriahkan kegiatan yang merupakan kerja bareng Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi itu.

“Ini jadi semacam syukuran atas ditetapkanya GNCP sebagai Global Geopark oleh UNESCO di Paris, Kamis (12/4/2018). Sekarang tinggal menunggu sidang pleno yang digelar besok (Senin, 16/4/2018),” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang ikut menghadiri Geopark Fun Day.

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, berharap setelah diakuinya GNCP sebagai Global Geopark, maka akan banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di kawasan itu. Pasalnya, ruh geopark terdapat pada aktivitas di kawasan tersebut.

“Kita dituntut harus lebih kreatif untuk membuat GNCP ini senantiasa hidup dan tidak pernah sepi,” ujarnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menjelaskan Geopark Fun Day merupakan bentuk promosi kawasan wisata GNCP. Kegiatan dipusatkan di sekitar Pantai Palangpang dan jalur Puncak Darma serta Puncak Aher sejak pagi hingga sore, Minggu (15/4/2018).

“Yang sulit itu bukan meraih tapi mempertahankan. Even-even seperti ini nantinya akan menghidupkan GNCP dan mengundang lebih banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara,” tandasnya.

Geopark Fun Day diisi beragam acara seperti Geo Fun Run sepanjang 6 kilometer di kawasan Pantai Palangpang berhadiah total Rp30 juta; Geo Paralayang di Puncak Aher; Geo Selfie dan Wefie berhadiah jutaan rupiah; Geo Music Corner; Geo Fun Parade terdiri dari Volkswagen dan Jeep Willys; Geo Go Green, serta Geo Traditional Food Festival.

Reporter: Meidy Ardiansyah | Editor: Andra Daryl Permana