Bupati Sukabumi: Budaya Nasional Ruh Pendidikan Nasional

44
INSPEKTUR UPACARA: Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, jadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman parkir Dinas Perhubungan, Cikembar (Foto: ASDUT/MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapangan Dinas Perhubungan, Kecamatan Cikembar, Rabu (2/5/2018).

Dalam sambutannya, bupati menegaskan agar Hardiknas harus jadi momentum tepat untuk lebih memajukan bangsa dan negara.

“Budaya nasional itu ruh pendidikan nasional dalam memajukan bangsa Indonesia. Dengan kebudayaan yang maju maka pendidikan nasional akan semakin kuat,” kata bupati.

Penegasan bupati itu sesuai tema Hardiknas yakni ‘Memajukan Kebudayaan Menguatkan Pendidikan’. Budaya nasional dinilai fundamental dalam menopang pendidikan nasional.

Bupati menyatakan, memajukan pendidikan nasional dan memajukan kebudayaan nasional merupakan tugas utama segenap bangsa. Kedua hal itu merupakan unsur strategis bangsa Indonesia.

“Cita-cita pendidikan nasional dan budaya bisa terwujud dimulai dengan membangun sumber daya manusia bangsa Indonesia. Pendidikan nasional harus memiliki tenaga teknokrat dan akademis yang kuat untuk menunjang pembangunan infrastruktur yang saat ini menjadi prioritas bangsa kita,” paparnya.

Kendati demikian, lanjut bupati, dunia pendidikan Indonesia masih belum merata. Sebab banyak wilayah terpencil yang masih belum maksimal mewujudkan pendidikan nasional. Sehingga bangsa Indonesia harus bahu-membahu dalam membangun wilayah terluar.

“Nawacita pak presiden yakni tentang penguatan karakter bangsa melalui revolusi mental. Guru sebagai ujung tombak dalam penguatan karakter bangsa. Bangsa Indonesia harus menjadi adidaya dalam bidang kebudayaan dunia dengan diawali pendidikan nasional yang kuat dan andal,” tuturnya.

Reporter: Asdut | Editor: Andra Daryl Permana