Bupati Sukabumi Ikut Pengarahan dari Menpan-RB

128
BERBINCANG: Bupati Sukabumi, Marwan Hamami (kedua dari kanan), berbincang bersama Menpan-RB, Asman Abnur, dan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, serta sejumlah kepala daerah lainnya, di aula barat Gedung Sate, Bandung (Foto: IST)

BANDUNG, magnetberita.com – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, bersama kepala daerah lainnya di Jawa Barat, mengikuti pengarahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, di aula barat Gedung Sate, Bandung, Selasa (3/4/2018).

Kegiatan itu merupakan upaya percepatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) sekaligus penyerahan hasil evaluasi reformasi birokrasi 2017.

“Keterkaitan dengan reformasi birokrasi, misi kita sudah jelas yakni perubahan di LAKIP dan SAKIP. Untuk melakukan perubahan itu, kita bukan mengejar nilai B atau A tetapi mengejar proses percepatan memperbaiki kinerja sehingga capaian output nanti harus menjadi outcome yang baik,” kata bupati.

Bupati berharap dari posisi dan prestasi yang telah diraih harus sudah naik kinerjanya.

“Tadi disampaikan pak gubernur, kita harus berani main coret pada kegiatan yang tidak memiliki dampak kepada visi dan misi karena itu yang di pertanggungjawabkan,” jelasnya.

Bupati berharap dengan meningkatnya kinerja para ASN bisa memberikan hasil dan dampak positif untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), menyampaikan percepatan reformasi birokrasi melalui implementasi SAKIP akan menunjukan bahwa kinerja pemerintah dicapai dengan tepat sasaran sesuai dengan alur yang ingin dicapai.

“SAKIP serta pohon kinerja yang ingin dicapai sangat jelas, mulai dari pembuatan visi misi, penjelasan dari misi poin per poin, kemudian indikator kinerja utama pemerintah daerah yang dijabarkan oleh perangkat daerah,” terangnya.

Aher berharap Provinsi Jawa Barat bisa bertahan untuk mendapatkan predikat nilai A yang kedua kali. Gubernur pun mengajak para kepala daerah untuk berkomitmen meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu Menpan RB, Asman Abnur, menargetkan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY tidak ada lagi hasil evaluasi SAKIP-nya memiliki nilai CC.

“Hari ini khusus datang ke pak gubernur kembali meminta komitmen pimpinan daerahnya agar bersama-sama bertekad agar tidak ada lagi hasil evaluasi SAKIP yang CC,” ungkapnya.

Komitmen kepala daerah sangat penting untuk mencapai target kinerja. Asman berharap seluruh kota dan kabupaten bisa meningkatkan evaluasi SAKIP minimal B.

“Kalau punya komitmen dan tekad kepala daerahnya, Insya Allah jadi,” tegasnya.

Reporter: Ridwan HMS | Editor Herman Me’enk