Citarum Dijadikan Tempat Digelarnya Lomba Dayung

109
BERGARIAH: Adanya lomba dayung di aliran Sungai Citarum setidaknya bisa mewujudkan program Citarum Harum (Foto: MAGNET BERITA)

BANDUNG, magnetberita.com – Aliran Sungai Citarum di Desa Cikarees, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, jadi tempat digelarnya lomba dayung yang diikuti hampir 320 peserta dari 10 kota dan kabupaten di Jawa Barat ditambah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Perlombaan itu sebagai rangkaian memperingati Hari Air Sedunia.

Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Tatan Ardianto membuka resmi kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah kegiatan ini terwujud berkat kerja sama semua pihak dan elemen masyarakat. Kami ucapkan terima kasih,” kata Danrem.

Perlombaan yang dipusatkan di aliran Sungai Citarum itu, kata Danrem, bukan tanpa makna. Terwujudnya Festival Citarum menunjukkan jika sungai itu bukan lagi yang terkotor di dunia.

“Kami akan terus-menerus menyosialisasikan agar twrwujud Citarum Harum. Kita akan melaksanakan perintah Presiden mewujudkan Citarum Harum,” ujarnya.

Ketua KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin, mengatakan acara tersebut terselenggara berkat bantuan Pangdam III/Siliwangi. Sebagai induk organisasi olahraga, lanjut dia, KONI akan membantu penataan dan mewujudkan Citarum Harum.

“Kami juga akan membuka sarana olahraga di sekitar Citarum Harum. Semoga dari kegiatan ini bisa mendukung PON 2020 nanti,” kata dia.

Lomba dilanjutkan dengan perahu naga 22 orang campuran antarkabupaten. Juara pertama direbut Kabupaten Purwakarta, kedua direbut Kabupaten Bogor, dan juara ketiga direbut Kabupaten Bekasi.

Reporter: Agus Kris | Editor: Eddy Surya Wijaya