Derita Tumor, Perut Kakek Ini Membuncit Seperti Sedang Hamil

66
MERANA: Damang, kakek berusia 62 tahun, menderita tumor yang menyebabkan perutnya membuncit seperti ibu hamil (Foto: MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Damang (62), warga Kampung Genggong, Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, harus berjuang dengan tumor yang dideritanya. Perutnya membucit layaknya seorang ibu hamil. Kondisi itu sudah dialaminya sejak lima tahun terakhir.

Berbagai upaya pengobatan sudah dilakukan ayah enam orang anak dan 12 cucu ini. Namun penyakitnya tak kunjung sembuh.

Kepala Dusun Genggong, Yusep Subaruddin, mengaku keluarga tersebut terbilang kurang mampu. Rata-rata mereka bekerja sebagai buruh tani. Jangankan berobat, untuk makan sehari-hari saja cukup sulit. “Apalagi kalau harus berobat. Mestinya pak Damang dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung,” kata Yusep.

Penyakit itu bermula dari benjolan kecil biasa, tapi Damang tak memperdulikannya. Namun benjolan semakin membesar. Hingga akhirnya Damang divonis mengindap tumor. Damang disarankan menjalani operasi bedah di RS Hasan Sadikin Bandung. Lagi-lagi masalah kondisi keuangan tak memungkinkan. “Mungkin masih ada sisa tumor yang tak terangkat setelah operasi. Setelah operasi malahan benjolan muncul lagi dan makin menbesar,” jelas Yusep.

Damang akan kembali menjalani operasi pada 2 Mei tahun ini. Pihak keluarga was-was dengan kondisi keuangan. “Harusnya operasi dilakukan 12 Maret. Tapi karena di RSHS Bandung ruangannya penuh, jadi diundur pada 2 Mei nanti,” tandasnya.

Efendi Sihabudin, anak keempat Damang, mengaku selama ini kerap berutang ke tetangga untuk biaya pengobatan ayahnya. “Habis mau gimana lagi,” ucapnya.

Reporter: Iqbal Salim | Editor: Viktor Sihar