Dinkes Kabupaten Sukabumi Gelar Diklat Jabatan Fungsional

85
DIKLAT: Ratusan pegawai tenaga kesehatan Dinas Kesehatan mengikuti diklat jabatan fungsional di Bandung (Foto: MAGNET BERITA)

BANDUNG, magnetberita.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional administrasi kesehatan dan bidan ahli tahun 2018. Kegiatan yang diikuti puluhan tenaga kesehatan itu digelar di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Senin (21/5/2018).

“Untuk administrasi kesehatan diikuti satu angkatan, bidan ahli dua angkatan. Masing-masing angkatan berisi 30 orang. Kalau bidan ahli ini angkatan kedua,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Al Rasyid, kepada magnetberita.com.

Harun menjelaskan, sebelumnya telah digelar tiga diklat jabatan fungsional tenaga kesehatan yakni bidan ahli, perawat ahli, dan administrasi kesehatan.

Baca Juga: Rencanakan Diklat Jabatan Fungsional, Dinkes Rapat Persiapan dengan Bapelkes Jabar

“Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” katanya.

Diklat kali ini merupakan yang terakhir dari seluruh rangkaian yang telah dilaksanakan sejak Maret 2018 lalu. Setiap angkatan diklat menjalani masa sepuluh hari di Bapelkes Dinkes Jabar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2017.

“Diklat ini ajang persiapan pegawai menuju posisi jabatan fungsional, termasuk sebagai uji kompetensi pegawai kesehatan yang berujung pada perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Setelah diklat, tenaga kesehatan ini akan mendapat sertifikat. Sertifikat itu salah satu syarat masuk ke jabatan fungsional dan bukti jika mereka memiliki kompetensi,” pungkasnya.

Reporter: Fajar Hadiansah | Editor: Andra Daryl Permana