Dinkes Kota Sukabumi Tangani 80 ODGJ

148
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati (Foto: Khaeru Sobri/MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sebanyak 80 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang tercatat di Kota Sukabumi masuk dalam program prioritas nasional penanganan penyakit tersebut.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Lulis Delawati, mengatakan jika penyakit ODGJ saat ini sudah menjadi program prioritas nasional. Mengingat pelayanan penanganan penyakit sakit jiwa masuk ke dalam salah satu standar pelayanan minimal (SPM) kesehatan di Indonesia.

“Kasus ODGJ tiap tahun cenderung bertambah. Tolok ukurnya dari kasus bunuh diri yang marak belakangan ini. Yang tercatat 80 orang itu kebanyakan depresi dan gangguan berat,” terangnya kepada magnetberita.com, Selasa (10/10/2017).

Lihat Juga: Cegah Kecacingan, Dinkes Kota Sukabumi Bagikan Obat Cacing kepada Anak-anak

Lulis mengklaim penanganan ODGJ di Kota Sukabumi menjadi lebih terarah setelah masuk program prioritas nasional. Namun, untuk penanganan gangguan jiwa berat, dinkes telah bekerja sama dengan dinas sosial.

“Kami sudah buat jejaring penanganannya. Mereka ada yang ditangani di RS R. Syamsudin, SH, ada juga yang dirujuk ke Bogor. Kita optimistis bisa melakukan penanganan ODGJ ini secara tuntas,” tandasnya.

Rep: Khaeru Sobri | Editor: Andra Daryl Permana