Dua Kades di Sukabumi Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung

4021
Dua orang kepala desa digiring ke mobil tahanan Polres Sukabumi hendak dibawa ke Pengadilan Tipikor Bandung (Foto: MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Dua kepala desa di Kabupaten Sukabumi yang tersangkut kasus korupsi dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Tipikor (Tipikor) Bandung untuk menjalani persidangan.

Keduanya dibawa menggunakan mobil Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Sukabumi di bawah pengawalan ketat petugas lengkap dengan senjata laras panjang, Kamis (28/12/2017).

Mereka adalah Kepala Desa Pangumbahan berinisial SBW dan Kepala Desa Balekambang, ASB. Keduanya terbukti melakukan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap I dan II tahun anggaran 2016.

“Hari ini, kedua tersangka kami bawa ke Pengadilan Tipikor Bandung berikut berkas dan barang buktinya. Mereka akan dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kebon Waru Bandung,” terang Kepala Unit Tipikor Polres Sukabumi, Iptu Deni Miharja kepada magnetberita.com.

Lihat: Mantan Pjs Kades Cijalingan Diperiksa Penyidik Tipikor

Ditegaskan Deni, SBW diduga telah melakukan penyelewengan ADD dan DD tahap I-II tahun 2016 sebesar Rp400 juta. Sedangkan ASB sebesar Rp185 juta bersumber dari anggaran dan periode sama.

“Sebenarnya mereka adalah tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi setelah dinyatakan P21, tapi dititipkan di Mapolres Sukabumi,” jelasnya.

Tahun ini, baru dua kepala desa yang dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung setelah berkas pemeriksaan terhadap tersangka dinyatakan lengkap oleh tim penyidik Tipikor Polres Sukabumi dan Kejari Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, Kepala Desa Ubrug berinisial HM juga harus jadi pesakitan karena diduga telah menggelapkan dana bantuan gubernur (bangub) tahun anggaran 2015 sebesar Rp150 juta.

“Target penyidikan kasus tipikor tahun ini hingga ada penetapan tersangka sudah terpenuhi. Tahun depan, kami juga akan melakukan penyidikan terhadap kepala desa yang bermasalah dengan keuangan negara,” ungkap Deni.

Rep: Andra Daryl Permana | Red: Herman Me’enk