Duh! Lahan Pemakaman di Kota Sukabumi Sudah Penuh

70
PENUH: Salah satu lahan pemakaman di Kota Sukabumi secara kuantitas sudah tak mencukupi lagi karena sudah penuh (Foto: Ilustrasi)

SUKABUMI, magnetberita.com – Hampir sebagian besar lahan pemakaman di Kota Sukabumi sudah penuh. Kondisi itu membuat pemerintah setempat memikirkan untuk memperluas lahan pemakaman.

“Hampir semua lahan di TPU sudah penuh,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi, Senin (16/4/2018).

Di Kota Sukabumi lahan pemakaman luasannya sekitar 49 hektare. Lahannya tersebar di TPU Taman Bahagia, Taman Rahmat Citamiang, Kerkop GedongPanjang, Cikundul, Khusnul Khotimah Ciandam, Astana Baros, Tegalpari, dan 2 TPU di Kelurahan Subangjaya.

Terbatasnya lahan di Kota Sukabumi membuat DLH berpikir akan membeli lahan untuk pemakaman di Kabupaten Sukabumi. Namun rencana itu masih sebatas wacana.

“Kita coba cari solusi lain,” terangnya.

Selain krisis lahan pemakaman, Rustiandi mengungkapkan, saat ini masih dipusingkan dengan pembayaran pajak makam dari keluarga pemiliknya. Hampir setengah dari total keseluruhan pemilik keluarga makam belum membayar pajak. Padahal, sesuai perda, setiap keluarga pemilik makam diwajibkan membayar pajak makam sebesar Rp100 ribu setiap tiga tahun sekali.

“Bagi keluarga pemilik makam yang belum membayar pajak masih diberi kebijaksanaan. Kita tak akan bongkar seperti terjadi di daerah lain,” pungkasnya.

Reporter: Yana | Editor: Herman Me’enk