Hardiknas Jangan Hanya Jadi Momen Seremonial

73
HADIRI: Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi (kiri) ikut menghadiri peringatan Hardiknas di halaman Dinas Perhubungan mendampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Adjo Sardjono (Foto: HUMAS DPRD)

SUKABUMI, magnetberita.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/5/2018) berlangsung di halaman Dinas Perhubungan, Cikembang. Berbagai elemen pun berharap momentum Hardiknas harus jadi bahan renungan bagi semua pihak.

“Terutama harus memerhatikan para pendidik yang punya peran besar dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa di seantero negeri ini,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi, seusai mengikuti upacara peringatan Hardiknas ke-129 tingkat Kabupaten Sukabumi, di Lapangan Dinas Perhubungan, Cikembang.

Agus mengatakan peringatan Hardiknas jangan dianggap hanya sebatas seremonial saja. Lebih dari itu harus ada peningkatan kualitas para pendidik dalam mentransfer ilmu pelajaran kepada siswa sesuai kurikulum yang ditetapkan.

Baca Juga: Ketua DPRD: Hardiknas Momentum Bangkitnya Dunia Pendidikan!

“Saya inginnya seperti itu. Pendidikan dan pelajaran bermutu yang diberikan kepada siswa, nantinya bisa jadi bekal buat mereka,” ujarnya.

Baginya, dunia pendidikan di era serba digital saat ini, yang harus dibangkitkan kepada siswa yakni pelajaran moral. Pasalnya, pendidikan moral di lingkungan sekolah bisa jadi penyaring dalam mencerna sebuah informasi di jagat maya setelah siswa itu berada di luar sekolah ataupun mencegah sifat tak terpuji yang ditunjukkan mereka.

“Pendidikan moral bisa membentuk karakter siswa berakhlak baik, jauh dari sifat tidak terpuji seperti aksi tawuran yang kerap terjadi melibatkan kalangan pelajar,” tutupnya.

Reporter: Andra Daryl Permana | Editor: Herman Me’enk