Kabupaten Sukabumi Dianugerahi Penghargaan dari Kemendagri

112
FOTO BERSAMA: Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono (kanan) berfoto bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (kiri), di sela peringatan Hari Otda ke-22 di Jakarta (Foto: IST)

SUKABUMI, magnetberita.com – Kabupaten Sukabumi termasuk satu di antara daerah yang memperoleh nilai sangat tinggi dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kabupaten Sukabumi mendapatkan skor 3.3230 dengan tanda bintang dua (**).

“Penghargaan ini tentunya jadi kebanggaan,” kata Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, seusai menghadiri acara malam apresiasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri di salah satu hotel di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Penghargaan dengan nilai sangat tinggi itu diberikan Kementerian Dalam Negeri kepada 9 pemerintahan provinsi, 195 pemerintahan kabupaten, dan 57 pemerintahan kota.

Dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100-53 tahun 2018 tentang peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional, terdapat 33 provinsi, 397 kabupaten dan 93 kota yang mendapat penghargaan.

“Acara diadakan untuk memperingati Hari Otonomi Daerah ke-22 yang diperingati setiap 25 April,” tambah wabup.

Peringatan Hari Otda merupakan suatu cara monitoring pemerintah pusat sekaligus mengevaluasi kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Selain itu juga merupakan salah satu strategi utama untuk mencapai tujuan desentralisasi dan otonomi daerah dengan melakukan proses monitoring berkala agar bisa mengamati penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Acara dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, juga hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta bupati dan wali kota lainnya,” jelasnya.

Reporter: Ridwan HMS | Editor: Andra Daryl Permana