Kesadaran PHBS di Kota Sukabumi Minim

25
Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat memberikan arahan kepada murid SDN terkait cara menggosok gigi yang baik dan benar (Foto: Khaeru Sobri/MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kota Sukabumi minim. Hal ini terlihat di hampir semua kecamatan ada titik yang PHBS-nya kurang.

Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi langkah yang digalakan ialah melalui siswa sekolah dasar. Agar mereka sadar melakukan PHBS salah satunya dengan cuci tangan dan sikat gigi yang benar.

“Gerakan masyarakat sehat itu belum menyentuh anak-anak, makanya kita lakukan kegiatan ini. Dengan begitu, anak-anak bisa mencuci tangan dan gosok gigi dengan baik,” katanya dalam kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia dan Sikat Gigi Bersama di SDN Sukakarya 2 Kota Sukabumi, Rabu (18/10/2017).

Lihat Juga: 1.500 Pasangan Ikuti Sikat Gigi Serentak di Lapang Merdeka Sukabumi

Sejumlah penyakit itu, sambung dia, bersumber dari tangan. Sehingga, cuci tangan yang baik dan benar itu harus dilakukan. “Cuci itu tidak asal cuci, ada sela-sela kuman yang harus dibersihkan. Di sini kita mengajarkan terhadap siswa,” ungkapnya.

Gerakan tersebut, kata Fahmi baru di sekolah se-wilayah Kecamatan Warudoyong. Setelah itu bertahap ke kecamatan lain di Kota Sukabumi. “Saat ini baru perwakilan se Kecamatan Warudoyong, nanti bertahap ke kecamatan lain,” pungkasnya.

Rep: Khaeru Sobri | Red: Herman Me’enk