Korban Rekrutmen Tenaga Kerja Laporkan PT IKS ke Polres Sukabumi Kota

88
LAPORAN: Sejumlah warga yang merupakan korban dugaan penipuan rekrutmen tenaga kerja melaporkan PT IKS ke Polres Sukabumi Kota (IQBAL/MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sejumlah pencari kerja dari wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur melaporkan PT Investama Komando Security (IKS) ke Polres Sukabumi Kota, Rabu (25/4/2018).

Mereka diduga jadi korban penipuan rekrutmen tenaga kerja. Pasalnya, hingga saat ini pihak perusahaan tak kunjung mempekerjakan mereka sesuai perjanjian. Padahal, mereka sudah menyetorkan uang masing-masing Rp1 juta hingga Rp4 juta per orang agar bisa disalurkan bekerja oleh perusahaan tersebut.

Dudi, mediator perekrut tenaga kerja, mengaku ia dihubungi akun Facebook bernama Reza Rajab. Akun itu menginformasikan di perusahaannya yang merupakan alih daya (outsourcing) tengah mencari tenaga kerja yang akan dipekerjakan di pabrik sepatu di Cimangkok Kecamatan Sukalarang. Mereka membutuhkan tenaga untuk mengisi posisi office boy dan cleaning service.

“Info itu sekitar Februari. Terdapat alamat perusahaan yang akan merekrut,” kata Dudi kepada awak media di ruang SPK Polres Sukabumi Kota.

Setiap pencari kerja dimintai uang kisaran Rp1 juta hingga Rp4 juta. Mereka akan dipekerjakan pada Maret.

“Namun sampai sekarang tidak ada lagi kabarnya,” ucapnya.

Sejumlah korban berkali-kali menanyakan ke pihak perusahaan. Namun pihak perusahaan tak memberikan jawaban pasti.

“Saya sebagai mediator perekrut tenaga kerja selalu ditagih sama korban. Kalau tidak ada kejelasan saya minta dikembalikan uang ke pihak yang sudah mendaftar,” jelas Dudi.

Sepengetahuan Dudi jumlah korban diperkirakan mencapai 70 orang. Tapi Dudi menaksir jumlahnya masih banyak.

“Para korban hanya ingin uang mereka kembali,” tandasnya.

Kasatreskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Budi Nuryanto, mengaku masih memintai keterangan dari para korban.

Sekadar informasi, PT IKS merupakan perusahan jasa perekrut tenaga kerja yang berkantor cabang di Jalan Cibatu Caringin RT 28/05, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Sedangkan kantor pusatnya di Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah.

Reporter: Iqbal Salim | Editor: Herman Me’enk