Menikmati Keindahan Wisata Alam dan Air Modern Curug Sawer

966
Lokasi wisata Curug Sawer menjadi tempat pelepas lelah pengunjung saat menikmatinya. Foto: Ade/MB.COM

SUKABUMI (MB.COM) – Pernah mendengar Curug Sawer?. Ya, Curug Sawer merupakan satu di antara lokasi wisata alam di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tepatnya berada di kaki Gunung Salak di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Parakansalak. Berada di ketinggian 1.300 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut, kawasan Curug Sawer memiliki suhu udara antara 18 hingga 20 derajat celcius.

Selain Curug Sawer, terdapat pula panorama alam lainnya yang bisa dinikmati wisatawan, seperti kawasan pegunungan, perkebunan teh, maupun agro industri. Tempat wisata ini juga menyediakan kolam renang lengkap dengan water boom dan ember tumpahan. Konsep wisata di tempat itu merupakan perpaduan wisata air modern dan dilengkapi juga dengan beberapa tempat peristirahatan ketika Anda akan melepas lelah selama perjalanan.

Nah, kalau Anda ingin mengunjungi lokasi Curug Sawer ini ada dua pilihan akses jalan untuk menuju lokasi wisata yang berada tepat pada salah satu cekungan punggung sebelah utara Gunung Salak ini.

Jalan pertama, Anda bisa masuk melalui persimpangan Caringin Kecamatan Cicurug. Kurang lebih 4 kilometer Anda harus melewati jalan Cidahu hingga persimpangan jalan Parakansalak – Cidahu yang berada di Desa Pondokkaso Tengah. Dari sana Anda harus mengambil jalur kiri menuju arah Parakansalak. Jaraknya lebih kurang 2 kilometer sampai di persimpangan jalan tepat depan kantor Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak.

Jalan kedua Anda bisa masuk melalui jalan Angkrong atau Stasiun Kereta Api Parungkuda. Dari sana, kurang lebih sekitar 8 kilometer Anda bisa langsung menuju arah Parakansalak. Kemudian dari sana Anda melanjutkan perjalanan kembali menuju arah Cidahu sejauh 3 kilometer hingga sampai di persimpangan jalan tepat depan kantor Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak. Setelah di persimpangan jalan itu, Anda harus kembali melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer yang lokasinya tidak begitu jauh hanya berjarak sekitar 2 kilometer tepat di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Parakansalak.

Selama perjalanan menuju lokasi, Anda akan melewati jalan perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Walaupun sebagian jalan masih berbatu, tapi Anda akan menikmati pemandangan indah hamparan tanaman teh di sepanjang jalan menuju lokasi Curug Sawer.

Sesampainya di lokasi, mata Anda yang lelah tentu saja akan terobati dengan pemandangan alam yang memesona, dari mulai hamparan perkebunan teh hingga agro industri yang memang mengelilingi tempat kawasan Curug Sawer ini.

Sedangkan tubuh yang lelah akan segera terbayarkan manakala Anda sudah berasyik-asyik berendam di kolam renang dengan air yang langsung dari Curug Sawer. Dinginnya menggigit hingga ke dalam tulang. Tidak hanya itu, Wahana Air Curug Sawer juga menyediakan kolam pemancingan eksekutif dan playing fox. Karena dikelola secara profesional, di tempat ini juga tersedia penginapan, kantin, mushola, dan toilet.

Pada hari biasa dan libur, tempat wisata ini mematok tarif masuk hanya Rp15 ribu per orang untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Tempat wisata itu lebih banyak dikunjungi wisatawan umum. Sedangkan untuk hari Sabtu, banyak pelajar yang mengunjungi tempat ini.

Ade Sutisna