Nama Gubernur Jabar Dijadikan Lokasi Paralayang di Sukabumi 

297
Puncak Aher direncanakan akan dijadikan untuk lokasi kegiatan Festival Paralayang pada Maret atau April mendatang (Foto: Ist)

SUKABUMI, magnetberita.com – Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP), Kabupaten Sukabumi kembali menyuguhkan sensasi baru bagi para pelancong. Di sini ada tempat baru khusus untuk pemacu adrenalin yakni olahraga Paralayang. Lokasinya diberi nama Puncak Aher.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, D Budiman mengatakan, nama Puncak Aher diambil dari nama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher. Pemilihan nama tersebut diberikan komunitas Paralayang dan juga dirinya agar lebih mudah diingat.

“Awalnya saya dan komunitas Paralayang mengusulkan beberapa nama agar tempat itu mudah diingat. Akhirnya dipilih nama pak gubernur,” cetusnya, Rabu (3/1/2018).

Lihat: Festival Paralayang di Kawasan Geopark Diundur, Kenapa?

Puncak Aher memang belum dikenal luas seperti Puncak Darma atau geo site di GNCP pada umumnya. Namun puncak itu, memiliki keunggulan karena lokasinya lebih tinggi dari Puncak Darma dan cocok untuk olahraga Paralayang.

Jika wisatawan ingin ke sana, rutenya dari Curug Cimarinjung menuju arah Puncak Darma. Di sana akan ditemui jembatan lalu belok kanan. Untuk sampai ke Puncak Aher, dari belokan itu sekitar 1,6 kilometer patokannya pas tanjakan ada batu besar.

Mantan Asda II ini berencana akan mengusulkan Puncak Aher ajang tempat festival Paralayang yang akan digelar pada Maret atau April 2018 mendatang.

“Banyak atlet Paralayang sudah melakukan eksibisi di Puncak Aher ini. Semuanya mengaku puas dengan kondisi alamnya,” ungkap Budiman.

Rep: Heri Suryadi | Editor: Andra Daryl Permana