Pemerintahan Desa Karangpapak Bikin Hal Inovatif dan Kreatif, Apa Itu?

54
KREATIF: Sejumlah pengunjung terlihat antusias adanya jembatan yang dihiasi tudung hasil kreasi Pemerintahan Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, sehingga menarik minat berswafoto (Foto: MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Aparatur Pemerintahan Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, terus berinovasi dalam upaya menarik wisatawan. Satu di antaranya membuat tempat berswafoto lebih nyentrik.

Mereka membuat jembatan dihiasi puluhan tudung yang biasanya digunakan petani bersawah. Tempatnya dibuat semenarik mungkin sehingga memiliki nilai jual bagi wisatawan yang ingin berfoto atau berswafoto.

“Kami terinspirasi dengan beragam payung di Taman Citepus yang dibuat Satpol PP,” kata Kepala Desa Karangpapak, Nandang Mulyana, kepada magnetberita.com, Minggu (22/4/2018).

Lelaki yang akrab disapa Baskom itu menegaskan, akan terus menata dan mempercantik kawasan tersebut untuk dijadikan salah satu spot selfie favorit bagi masyarakat.

“Kami baru saja membangun jembatan sepanjang 10 meter yang dihiasi tudung. Alhamdulillah banyak masyarakat baik dari Kecamatan Cisolok atau yang lewat untuk mampir dan berfoto di sini,” bebernya.

Ia berjanji berbagai inovasi akan terus dilakukan karena di desa itu memiliki potensi yang bisa digali untuk mengundang minat wisatawan. Satu di antaranya tradisi ngubek sawah yang rutin digelar setiap tahun.

“Insya Allah acara tradisi ngubek sawah akan dilaksanakan pada 6 Mei 2018,” ujarnya.

Fitri Susanti (27), salah seorang pengunjung, mengaku aparatur Pemdes Karangpapak cukup kreatif. Ia pun berharap ada inovasi lain agar pengunjung lebih betah berlama-lama di tempat tersebut.

“Mungkin akan lebih bagus kalau jembatannya lebih panjang. Di tengah sawah bisa dibuat bale-bale untuk berteduh. Jadi terlihat lebih indah,” cetusnya.

Reporter: Meidy Ardiansyah | Editor: Andra Daryl Permana