Pengelolaan Tower Jadi Kewenangan Pemerintah Pusat

478
Kantor Dinas Kominfosan Kabupaten Sukabumi (Foto: MB.COM)

SUKABUMI, (MB.COM) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memastikan kewenangan pengelolaan menara telekomunikasi sudah ditarik oleh pemerintah pusat. Hal tersebut sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kepala Bidang Kominfo Dishubkomifo, Dede Daniel, mengatakan urusan penanganan tower provider saat ini sudah menjadi kewenangan pusat.

“Iya sekarang kita (Dishubkominfo) sudah tidak punya kewenangan lagi mengurusi masalah tower. Baik perizinan awal, perpanjangan, pengelolaan, dan rekomendasi, semuanya sudah ditarik oleh pusat,” terang Dede, saat ditemui di kantornya, Rabu (23/11/2016).

Kendati begitu, jelas Dede, berdasarkan UU Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, penarikan retribusi pengendalian menara telekomuikasi, Pemkab Sukabumi masih punya hak untuk memungutnya sesuai pasal 210 huruf N UU tersebut.

“Jadi, dalam peraturan itu termaktub salah satunya kewenangan pengelolaan menara telekomunikasi. Kalau urusan pajaknya kita masih punya kewenangan,” pungkasnya.

Rep: Ade Sutisna
Editor: Herman Me’enk