Pepohonan di Kota Sukabumi Banyak yang Berusia Tua

54
RAWAN: Sejumlah pengendara melintas di ruas jalan di Kota Sukabumi yang ditanami berbagai pepohonan berusia tua (Foto: Ilustrasi)

SUKABUMI, magnetberita.com – Di Kota Sukabumi terdapat 3.628 pohon yang tersebar di sejumlah titik. Dari jumlah itu, sebanyak 217 pohon dikategorikan berusia tua karena sudah ada sejak zaman Belanda.

“Kondisinya rawan tumbang. Apalagi kalau hujan deras disertai angin kencang, potensi tumbangnya tinggi,” kata Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Sony Hermanto.

Ke 217 pohon itu terdiri dari 160 pohon mahoni, 27 pohon palem, 26 pohon trembesi, dan 4 pohon beringin. DLH rutin memantau kondisi pepohonan itu untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

“Warga juga harus waspada ketika hujan,” ujarnya.

Pada awal April, Kota Sukabumi diterjang badai. Sebanyak 27 pohon di sejumlah titik tumbang.

“Sebetulnya bukan karena usia teknis pohon saja tapi juga dampak dari cuaca ekstrem. Dari yang tumbang itu, ada yang usianya belum terlalu tua,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan, kata Sony, pola tanam pohon. Ada sebagian di antaranya yang ditanam di blumbak. Pola itu kurang baik karena akarnya tidak terlalu mengikat.

“Makanya kita rutin memangkas dan menebang pohon yang sekiranya rawan tumbang,” tandasnya.

Reporter: Rudi Chacha Purwanto | Editor: Herman Me’enk