Polres Cianjur Gagalkan Peredaran Ganja Kering 1 Kuintal Lebih

95
UNGKAP PEREDARAN GANJA: Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, menunjukkan barang bukti ganja kering seberat 125 kilogram yang dikemas menjadi 125 paket (Foto: M IKHSAN/MAGNET BERITA)

CIANJUR, magnetberita.com – Pengedar narkoba semakin kreatif saja dalam mengedarkan barang haram hanya untuk mengelabui polisi. Tapi tidak untuk jajaran Polres Cianjur yang sukses mengungkap peredaran ganja kering hampir 125 kilogram yang sudah dikemas dalam bentuk paket berlilit lakban berikut mengamankan tiga tersangka.

Berdasarkan informasi, tiga tersangka mengangkut ganja kering dengan mobil bak terbuka sebagai modus bungkusan karung itu seakan-akan sayuran. Berbekal keterangan warga, akhirnya ketiga pelaku berinisial AM (20), YS (38), dan JS (29) berhasil ditangkap beserta barang bukti sebanyak 125 paket ganja kering menggunakan mobil bak terbuka di kawasan pertigaan Gedeh, tepatnya Kampung Cijedil RT 03/01, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Sabtu (2/6/2018) malam.

“Alhamdulillah, berkas kerja keras dan ikhlas, kami berhasil menangkap pengedar ganja dan mengamankan 125 paket ganja seberat hampir 125 kilogram,” ujar Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, kepada wartawan, Minggu (3/6/2018).

Soliyah mengungkapkan kronologis singkat penangkapan ketiga pelaku serta ganja kering tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat. Warga mencurigai aktivitas para pelaku di mobil bak terbuka.

Baca Juga: Polisi Ringkus Dua Pengedar Belasan Paket Ganja

Selang beberapa waktu, ada kendaraan lain berhenti persis di dekat mobil pelaku. Kemudian saat itu warga melihat dua karung besar dimasukan ke mobil bak terbuka dari kendaraan yang baru saja menghampiri pelaku.

“Karena curiga lalu warga pun melaporkan aktivitas mobil bak terbuka itu ke Bhabinkantibmas setempat. Bhabinkantibmas pun berkoordinasi dengan petugas yang tengah piket di Polsek Cugenang. Dibuntuti ketiga pelaku tersebut. Lalu dilakukan pemeriksaan anggota sehingga terbukti ketiganya tertangkap basah membawa 125 paket ganja kering di dalam dua karung besar,” tuturnya.

Soliyah mengaku, sementara ini pihaknya belum dapat mengungkapkan barang haram itu akan didistribusikan. Sebab ketiga pelaku masih berada dalam pemeriksaan petugas.

“Kami akan ungkapkan informasi lengkap mengenai penangkapan ini usai ketiga tersangka kami mintai keterangan lebih dalam lagi,” tandasnya.

Reporter: Mokh Ikhsan | Editor: Herman Me’enk