Polres Sukabumi Pelototi Harga dan Stok Komoditas Sembako

85
PIMPIN SIDAK: Wakapolres Sukabumi, Kompol Mujianto, memimpin sidak pemantauan harga dan stok komoditas di Pasar Palabuhanratu menjelang Ramadan (Foto: MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Jajaran Polres Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Semimodern Palabuhanratu, Rabu (2/5/2018). Kegiatan itu untuk mengecek harga dan ketersediaan komoditas sembilan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.

Wakapolres Sukabumi, Kompol Mujianto, memimpin langsung pengecekan harga dan stok komoditas pangan di Pasar Palabuhanratu. Satu per satu pedagang komoditas yang dibutuhkan masyarakat dikunjungi mantan Wakapolres Tasikmalaya itu.

“Semua pasar di wilayah Kabupaten Sukabumi akan kita pantau, dari mulai harga hingga stok komoditas pangan memasuki bulan Ramadan ini,” kata Mujianto kepada magnetberita.com.

Mujianto menegaskan, akan menindak tegas jika ada oknum pedagang berbuat nakal yang menaikan harga di luar ketentuan pemerintah ataupun melakukan penimbunan barang-barang komoditas.

“Pergerakan penaikan harga komoditas pun akan terus kita pantau. Kalau ada oknum pedagang yang seenaknya menaikan harga tentu akan kami proses hukum,” tegasnya.

Ketersediaan beberapa jenis komoditas di Pasar Palabuhanratu saat ini relatif masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan puasa nanti.

“Harga juga belum menunjukkan penaikan yang signifikan,” tandasnya.

Beberapa harga komoditas di Pasar Palabuhanratu di antaranya beras premium Rp10.000 per kilogram memiliki persediaan mencapai 10 ton, beras medium Rp9.000 per kilogram dengan stok 10 ton, gula pasir Rp12.000 per kilogram masih tersedia stok sebanyak 35 ton, dan gula merah Rp14.000 per batang dengan stok 30 ton.

Sementara daging sapi dan kerbau seharga Rp110.000 per kilogram stok masing-masing seberat 9,5 kwintal, daging ayam ras Rp35.000 per kilogram dengan persediaan 8 kwintal, minyak goreng curah Rp12.000 per kilogram stok barang mencapai 1,8 ton, serta harga minyak goreng kemasan Rp13.000 per liter.

Reporter: Heri Suryadi | Editor: Andra Daryl Permana