Pondasi Utama Tergerus Air, Jembatan di Kecamatan Ciemas Nyaris Ambruk

64
Jembatan penghubung antardesa di Kampung Ciramutan RT 03/05 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, nyaris ambruk (Foto: IST)

SUKABUMI, magnetberita.com – Jembatan penghubung antardesa di Kampung Ciramutan RT 03/05 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, nyaris ambruk.

Penyebabnya, pondasi utama di ujung bangunan jembatan tergerus air sungai akibat debit air meningkat saat turun hujan deras, Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 13.20 WIB.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, ambrolnya pondasi utama terjadi saat hujan deras. Derasnya aliran sungai hingga berdampak meningkatnya debit air diduga menggerus pondasi utama jembatan yang memiliki panjang 45 meter dan lebar sekitar 3 meter itu. Hasil estimasi sementara, kerugian ditaksir mencapai Rp250 juta.

“Pondasi utama di bagian ujung jembatan itu tergerus air sungai saat meluap,” kata relawan BPBD Kecamatan Ciracap, Dadang Supriatna kepada magnetberita.com.

Untuk sementara waktu, kata dia, jembatan tidak dilalui kendaraan dulu. Pasalnya ketika beban terlalu berat, akan menambah potensi ambruk.

“Kami sudah melaporkan ke BPBD. Mudah-mudahan secepatnya bisa segera diperbaiki karena ini jadi akses utama masyarakat sekitar,” tandasnya.

Rep: Ade Sutisna | Red: Herman Me’enk