Ratusan Calon Kepala SD di Kabupaten Sukabumi Ikut Seleksi

92
SAMBUTAN: Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, memberikan sambutannya dalam kegiatan seleksi akademik calon kepala sekolah (Foto: IST)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sebanyak 141 calon kepala sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sukabumi mengikuti seleksi yang dimulai Kamis (22/3/2018) hingga Sabtu (24/3/2018), bertempat di salah satu hotel di kawasan Selabintana. Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka resmi kegiatan tersebut.

“Sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, mereka (kepala sekolah) memiliki tugas cukup kompleks. Mereka juga jadi penentu maju-mundurnya sekolah,” kata bupati.

Namun, lanjut bupati, tugas yang kompleks tersebut tidak dapat dirumuskan seluruhnya ke dalam suatu prosedur. Tetapi dapat digolongkan menjadi tujuh pokok yaitu kepala sekolah sebagai pendidik (edukator), manajer, administrator, supervisor (penyelia), leader (pemimpin), inovator, dan sebagai motivator.

“Untuk itu para calon kepala sekolah agar dapat memiliki pengetahuan dan wawasan yang bisa menjadi modal dalam melaksanakan tugas mereka dan akan membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi peningkatan mutu kepala sekolah dasar di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Bupati mengapresiasi adanya Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). Sebab, dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka telah memberikan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi kepala SD yang tentunya juga akan mempengaruhi mutu sekolah.

Panitia penyelenggara seleksi, Tubagus Wahid Ansor, menjelaskan tujuan seleksi untuk mengisi kebutuhan formasi kepala SD di Kabupaten Sukabumi. Seleksi dapat menghasilkan kepala sekolah yang berkualitas dan profesional karena memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, supervisi, dan sosial yang baik.

“Juga mampu mengelola serta mengembangkan sekolah secara optimal,” tandasnya.

Reporter: Bimher | Editor: Ade Sutisna