Rencanakan Diklat Jabatan Fungsional, Dinkes Rapat Persiapan dengan Bapelkes Jabar

347
Jajaran pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi sebelum rapat persiapan dengan Bapelkes Dinkes Provinsi Jawa Barat (Foto: MB.COM)

BANDUNG, magnetberita.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar rapat dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Bandung, Jumat (9/3/2018).

Rapat itu berkaitan dengan rencana Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang akan melaksanakan tiga pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional tenaga kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Al Rasyid, mengatakan Bapelkes Dinkes Jabar merupakan lembaga yang diberikan kewenangan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Kesehatan RI untuk penyelenggaraan diklat jabatan fungsional kesehatan.

“Yang didiklatkan itu ada jabatan fungsional bidan ahli, perawat ahli, dan administrasi kesehatan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” terangnya.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Deni Yudono, menjelaskan diklat di Bapelkes akan berlangsung pada Maret hingga Mei 2018. Setiap angkatan diklat akan digodok selama sepuluh hari di Bapelkes Dinkes Jabar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2017.

“Untuk diklat jabatan fungsional bidan ahli, akan diikuti dua angkatan dengan 30 orang setiap angkatan dan adminkes diikuti oleh satu angkatan. Sedangkan untuk diklat jabatan fungsional perawat ahli akan digelar pada perubahan nanti,” bebernya.

Tujuan dilaksanakannya diklat tersebut untuk persiapan bagi pegawai menuju posisi jabatan fungsional. Selain itu juga sebagai uji kompetensi pegawai kesehatan demi perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah Diklat nanti pegawai akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat itu sebagai syarat masuk jabatan fungsional dan bukti jika pegawai tersebut memiliki kompetensi ke arah Sukabumi lebih baik,” pungkasnya.

Reporter: Fajar Hadiansah | Editor: Andra Daryl Permana