Sah! Geopark Ciletuh Palabuhanratu Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

132
SIDANG PLENO: Sidang pleno Executive Board UNESCO ke-204 di Paris, Perancis, menetapkan 13 geopark dunia sebagai UNESCO Global Geopark, termasuk Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (Foto: IST)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sidang pleno Executive Board UNESCO ke-204 di Paris, Perancis, menetapkan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP) sebagai UNESCO Global Geopark, Selasa (17/4/2018) waktu setempat.

“GNCP sekarang sudah dinyatakan sah sebagai Global Geopark sebab telah melalui tahapan akhir yakni sidang pleno,” ujar General Manager GNCP, D Budiman, kepada magnetberita.com melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Sebelumnya pada Kamis (12/4/2018), Komisi Programme and External Affair dalam sidang Executive Board UNESCO membahas program geopark di seluruh penjuru dunia.

Budiman yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi itu mengatakan, sidang pleno juga menetapkan 12 geopark lainnya di dunia diakui sebagai Global Geopark berdasarkan rekomendasi dari Komisi Programme and External Affair.

“Total ada 13 geopark yang menyandang predikat UNESCO Global Geopark. Sertifikasi akan dilakukan September mendatang di Milan, Italia,” terangnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengaku bangga dengan predikat yang kini disandang GNCP. Ia menyebut, perjuangan selama ini tidak sia-sia. Hasilnya memuaskan karena ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark.

“Tapi harus diingat, mempertahankan dan mengisi itu jauh lebih sulit daripada meraih. Makanya, Pemkab Sukabumi harus terus memiliki inovasi dan trik agar GNCP lebih dikenal dan mengundang banyak wisatawan lokal dan mancanegara,” pungkasnya.

Reporter: Meidy Ardiansyah | Editor: Andra Daryl Permana