Sanggar Budaya di Sukabumi Nyaris Redup

68
Kepala Seksi Kesenian, Toto Sugiarto ketika diwawancara awak media (Foto: MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Budpora) Kabupaten Sukabumi ingin membangkitkan kembali sanggar budaya yang mengalami kembang kempis akibat tergerus perkembangan zaman.

Berdasarkan data Dinas Budpora, saat ini tercatat ada 200 sanggar budaya di Kabupaten Sukabumi. Namun, dari jumlah itu hanya beberapa sanggar budaya yang masih aktif.

Kondisi itu dibenarkan Kepala Seksi
Kesenian pada Dinas Budpora Kabupaten Sukabumi, Toto Sugiarto. Menurutnya, keberadaan sanggar budaya di Kabupaten Sukabumi nyaris redup sebab dipengaruhi budaya dari luar yang masuk ke Indonesia dengan mudahnya diadopsi oleh anak muda zaman sekarang.

“Minimal 40 dari 200 sanggar budaya akan kita hidupkan kembali di Kabupaten Sukabumi. Sanggar budaya itu nantinya akan menyuguhkan beragam macam kesenian dan kebudayaan khususnya budaya turun temurun dari bumi Pasundan,” ujarnya kepada magnetberita.com, Jumat (5/1/2018).

Toto menekankan, budaya Sunda harus dikembangkan kembali melalui sanggar tersebut hingga dapat dikenal masyarakat luas.

“Mudah-mudahan ke depan muncul berbagai macam sanggar di tiap kecamatan. Tentu saja mereka harus aktif dan mengembangkan kreativitasnya di sanggar budaya secara konsisten,” jelasnya.

Rep: Renal/Gumelar | Red: Herman Me’enk