Tak Punya Komputer, Peserta UNBK SMP Numpang di SMA dan SMK

52
Ilustrasi Istimewa

SUKABUMI, magnetberita.com – Sejumlah SMP di Kota Sukabumi terpaksa menumpang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ke SMA dan SMK. Penyebabnya karena keterbatasan sarana berupa komputer.

“Masih banyak sekolah yang belum memiliki komputer. Makanya, pada UNBK kali ini terpaksa menumpang di SMA dan SMK,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Dudi Fathul Jawad, Selasa (24/4/2018).

Jumlah peserta ujian nasional tingkat SMP dan MTs di Kota Sukabumi sebanyak 6.649 pelajar. Sebanyak 5.353 merupakan siswa SMP dan 1.296 pelajar MTs. Mereka berasal dari 76 sekolah. “Tapi alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar,” ujarnya.

Dudi menjamin tahun selanjutnya semua SMP dan MTs, khususnya yang berstatus negeri akan dilengkapi perangkat komputer. Sehingga pada pelaksanaannya nanti tidak lagi menumpang ke SMA atau SMK yang sudah lebih dulu melaksanakan UNBK.  “Termasuk jaringan internet yang memadai,” tukasnya.

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, berharap semua peserta UNBK SMP dan MTs bisa melalui UNBK dengan lancar. Apalagi UNBK bukan merupakan sebuah perlombaan untuk meraih peringkat yang tertinggi. “UNBK hanya untuk mengukur kemampuan,” tandasnya.

Reporter: Rudi P Chacha | Editor: Herman Me’enk