Tempat Wisata Pulau Kelapa Waterboom Nagrak di Garis Polisi

619
Pulau Kelapa Waterboom yang beralamat di Jalan Raya Nagrak di police line atas usulan warga setempat (Foto: Ade Sutisna/MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sejumlah warga Kampung Ciawitali, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendatangi tempat wisata Pulau Kelapa Waterboom di Jl Raya Nagrak, Minggu (5/11/2017). Kedatangan mereka ingin meminta kejelasan terkait perizinan tempat wisata tersebut.

Pantauan di lokasi, puluhan warga melakukan orasi di tempat wisata waterboom. Mereka mendesak pihak perusahaan agar menjelaskan terkait izin lingkungan atau persetujuan warga dan perizinan lainnya, mengingat perusahaan tersebut kerap berganti pemilik.

Warga pun meminta aparat kepolisian memasang police line (garis polisi) di lokasi waterboom. Tak ingin terjadi sesuatu di tempat wisata akibat amuk massa, anggota Polsek Nagrak akhirnya menuruti permintaan warga untuk memasang police line.

“Kami datang ke sini untuk meminta kejelasan dari perusahaan perihal persetujuan warga. Sebab, pekan lalu sudah ada mediasi antara perusahaan dengan pemerintahan desa,” kata Asep Supandi Makmur, salah satu tokoh masyarakat setempat kepada wartawan.

Lihat Juga: Tempat Hiburan Ilegal Marak di Sukabumi

Menurut dia, surat persetujuan warga di desa yang sudah diambil oleh pihak perusahaan dianggap cacat hukum karena tak melibatkan semua pengurus RT setempat. Ditambah lagi belum ada sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

“Sosialisasi hanya dilakukan kepada segilintir orang saja demi mendapatkan tandatangan surat persetujuan warga,” jelasnya.

Kapolsek Nagrak AKP Parlan, memastikan besok Senin (6/11/2017) akan memediasi warga dengan pihak perusahaan yang dihadiri oleh pegawai desa dan kecamatan.

“Mudah-mudahan dalam pembahasannya nanti di Kantor Kecamatan Nagrak akan menghasilkan solusi terbaik bagi semua pihak. Sesuai keinginan warga, waterboom sudah kami police line. Untuk sementara jangan dulu ada aktivitas di tempat wisata itu sebelum terbangun komitmen bersama,” tegasnya.

Rep: Ade Sutisna | Red: Herman Me’enk