Terhalang Awan Tebal, Hilal di POB Simpenan Tak Terlihat

153
SIDANG ITSBAT: Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, ikut sidang itsbat penentuan 1 Syawal 1439 H di POB Kecamatan Simpenan (Foto: MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Proses rukyatul hilal dalam sidang itsbat penentuan 1 syawal 1439 Hijriyah di Pusat Observasi Bulan (POB) Qutub Hilal, Kampung Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018), tidak sesuai harapan.

Tiga perukyat yang ditunjuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi mengaku tidak melihat penampakan hilal yang disebabkan terhalang awan tebal. Hal itu disampaikan dalam sidang itsbat yang dipimpin hakim tunggal, Deni Heriansyah, dari Pengadilan Agama Cibadak.

“Hilal tidak terlihat di POB Cibeas ini,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, Abas Lesmana, selaku pemohon sidang itsbat.

Namun, 1 Syawal 1439 H dipastikan akan jatuh pada Jumat (15/6/2018) besok. Hal itu disebabkan karena adanya daerah lain di Indonesia yang menyatakan telah melihat hilal.

“Ada 97 titik pemantauan hilal di Indonesia. Dua di antaranya di Jawa Barat. Tadi sudah ada informasi ada beberapa titik yang melihat hilal. Jadi, dipastikan Idul Fitri besok,” paparnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengaku sedih karena Ramadan telah berlalu. Ia berpesan agar masyarakat khususnya muslim lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT seusai sebulan berperang melawan hawa nafsu.

“Kita semua kembali ke kesucian. Jadi, jangan sampai kembali kotor dengan hal-hal yang berbau dosa. Mari saling bermaafan sehingga kita menjadi manusia suci dengan hati yang baru dan bersih,” tandasnya.

Reporter: Meidy Ardiansyah | Editor: Andra Daryl Permana