Terminal KH. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi Resmi Dioperasikan

891
Terminal KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi.

SUKABUMI, magnetberita.com – Terminal tipe A Kota Sukabumi, Jawa Barat, yang diberi nama Terminal KH. Ahmad Sanusi, resmi dioperasikan, Jumat (28/10/2016).

Pembangunan terminal yang berlokasi di Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros tersebut, menelan anggaran puluhan miliar yang dibiayai dari APBN dan APBD Kota Sukabumi.

“Hari ini terminal sudah dioperasikan. Alhamdulillah kita sekarang punya terminal yang representatif,” kata Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, seusai peresmian Terminal KH Ahmad Sanusi.

Menurut Muraz, terminal yang berdiri di atas lahan seluas hampir 7 hektare itu, untuk sementara masih dikelola Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mulai 1 Januari 2017 seluruh terminal tipe A akan diambil alih pemerintah pusat.

“Kita sudah tanda tangan P3D (Personel Peralatan Pembiayaan dan Dokumen) untuk diserahkan ke pemerintah pusat. Kalau proses ambil alih nantinya akan dibicarakan dengan pemerintah pusat,” jelas Muraz.

Pembangunan Terminal KH. Ahmad Sanusi dimulai sejak 1996 lalu saat Kota Sukabumi dipimpin wali kota Molly Mulyahati Djubaedi. Proses pembangunannya relatif cukup panjang karena harus menemui berbagai kendala.

“Butuh waktu 20 tahun pembangunannya hingga sekarang mulai dioperasikan,” tambah Muraz.

Pemberian nama KH. Ahmad Sanusi sendiri, kata Muraz, sudah berdasarkan uji petik yang digulirkan ke masyarakat. Awalnya pemkot menawarkan lima nama. Tapi masukan, saran, dan usulan dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun alim ulama, muncul dua nama yakni Rahmatan Lil Alamin dan KH Ahmad Sanusi.

“Karena Rahmatan Lil Alamin itu merupakan visi dan misi saya sebagai wali kota dan Achmad Fahmi sebagai wakil wali kota, akhirnya kita mengambil nama yang netral yakni KH. Ahmad Sanusi. Hadirnya terminal ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, tak hanya bagi warga Kota Sukabumi saja, tapi juga dari daerah lainnya,” ungkapnya.

Dengan beroperasinya Terminal KH. Ahmad Sanusi, secara otomatis Terminal Sudirman di Jalan Sudirman Kota Sukabumi, akan ditutup. Sesuai rencana tata ruang wilayah, eks Terminal Sudirman nantinya akan digunakan sebagai hutan kota.

Rep: Eeng Herman
Editor: Jerico