Tiap Tahun, Iklim Investasi di Sukabumi Meningkat

29
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi (kanan) saat diwawancara oleh wartawan Majalah Tempo (Foto: MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Iklim investasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Sehingga berdampak terhadap penambahan pendapatan ke kas daerah, selain terbuka lebar peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Banyak pengusaha yang berinvestasi di Kabupaten Sukabumi karena sudah ada perbaikan sistem birokrasi. Mulai dari proses perizinan, tata ruang hingga keramahan masyarakat dalam menyambut investor. Ini merupakan peluang bagi daerah kita untuk menerima lebih banyak investasi dari luar,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi kepada magnetberita.com, Rabu (6/12/2017).

Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat ini, membaiknya iklim investasi juga berpengaruh besar bagi kehidupan masyarakat. Baik terbukanya lapangan pekerjaan maupun pemerataan pembangunan infrastruktur bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Lihat: Legislator Nilai Penyelenggaraan CSR di Sukabumi Belum Maksimal

Hanya saja, kata Badri, tanggung jawab sosial perusahaan sejauh ini masih salah kaprah. Pasalnya, programnya tidak dipadukan dengan Forum CSR yang dibentuk Pemkab Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Walaupun sudah ada Perda yang mengatur CSR perusahaan, namun diselaraskan dengan program APBD. Tapi sejauh ini belum maksimal karena perusahaan berjalan sendiri-sendiri dalam menyusun programnya,” ungkapnya.

Seharusnya, kata Badri, perusahaan menggandeng Bappeda ketika akan membuat program CSR. Mengingat semua perencanaan pembangunan ada di Bappeda yang disusun melalui musrenbang.

“Perusahaan perlu koordinasi agar program CSR dengan program pembangunan yang disusun dalam APBD tidak tumpang tindih,” jelasnya.

Rep: Giri Trisna Martin | Editor: Andra Daryl Permana