Trantibum Kawasan Objek Wisata Kewenangan Satpol PP Pariwisata

480
Sejumlah personel Satpol PP Pariwisata bersama Wakil Bupati Adjo Sardjono saat akan bertugas menjaga dan memelihara trantibum kawasan objek wisata (Foto: Andra Daryl Permana/MB.COM)

SUKABUMI, magnetberita.com – Sebanyak 12 personel Polisi Pamong Praja Pariwisata resmi dibentuk bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-72. Regu personel Satpol PP Pariwisata itu ditugaskan untuk menjaga dan memelihara ketenteraman dan ketertiban umum di tempat-tempat wisata.

Mereka diutamakan bertugas pada hari libur reguler maupun nasional dan selalu siap siaga di kawasan objek wisata Kabupaten Sukabumi, tak kecuali Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Kasat Pol PP Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan, pembentukan regu Satpol PP Pariwisata adalah tuntutan tugas dan kewenangan dalam mengawal keberlangsungan pariwisata daerah dari sisi keamanan dan ketenteraman wisatawan yang tengah liburan di objek wisata.

“Keberadaan pasukan khusus pengawas kawasan objek wisata ini dapat membantu tugas kepolisian, relawan penjaga pantai, dan tim SAR. Mereka mulai efektif bertugas sejak dibentuk pada Minggu (8/10/2017) kemarin,” jelasnya kepada magnetberita.com, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, warna seragam dan topi yang dikenakan Satpol PP Pariwisata sedikit berbeda dengan pakaian Satpol PP pada umumnya. Seragam yang digunakan sehari-hari oleh regu Satpol PP Pariwisata bercorak warna kuning ada gambar penyu, menggunakan dasi warna kuning dan topi cowboy khas daerah tropis.

Lihat Juga: Aksi Satpol PP di Jalan Raya Bantu Tugas Satlantas Atur Lalin

“Desain seragam, corak warna, dasi dan topi yang dipakai mereka itu hasil karya internal Mako Satpol PP,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya hanya baru membentuk satu regu Satpol PP Pariwisata yang berisi 12 personel. Regu ini dibentuk sebagai ujicoba sejauh mana efektivitas tugas mereka dalam memelihara ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di objek wisata.

Personel dalam regu ini, sebut Dedi, harus berpenampilan proporsional dan mampu berkomunikasi aktif menggunakan bahasa Inggris, termasuk memiliki kriteria PDLT atau prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela.

“Kalau mereka berhasil dalam menjalankan tugasnya, maka personel pengawas objek wisata ini akan kami bentuk lagi. Sehingga ke depannya semua tempat wisata akan memiliki anggota Satpol PP Pariwisata,” cetusnya.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengapresiasi kehadiran regu Satpol PP Pariwisata tersebut. Ia menginginkan Satpol PP Pariwisata harus mampu meyakinkan wisatawan bahwa kehadirannya dapat menjaga keamanan dan ketertiban di objek wisata. Sehingga dampak positifnya bisa mengangkat citra pariwisata Kabupaten Sukabumi di mata nasional maupun internasional.

“Kami harap personel ini selalu siap siaga di sepanjang jalur wisata. Jangan lupa berikan senyum, salam dan sapa kepada setiap pengunjung. Apalagi sekarang ada kawasan GNCP yang memiliki masa depan cerah bagi dunia pariwisata kita. Satpol PP Pariwisata inilah yang harus menjaga dan mengamankan para pengunjung,” ingatnya.

Rep: Andra Daryl Permana | Red: Herman Me’enk