Warga Bojongraharja ‘Dicekoki’ Materi PHBS

34
MEMBLUDAK: Warga Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, memadati aula desa setempat untuk mengikuti sosialisasi menjaga kesehatan yang dihadiri anggota Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning (Foto: Ruslan/MAGNET BERITA)

SUKABUMI, magnetberita.com – Warga Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, ‘dicekoki’ berbagai materi pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Hadir anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning. Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan itu jadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Kita isi sosialisasi kesehatan ini menyangkut pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular melalui gerakan masyarakat hidup sehat dan penanggulangan gangguan penglihatan,” kata Ribka seusai sosialisasi di aula Desa Bojongraharja, Rabu (11/4/2018).

Acara dihadiri juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Didi Supardi, para kepala puskesmas se-Kecamatan Cikembar, Muspika Cikembar, dan para kepala UPT Dinas Kesehatan, serta elemen masyarakat lainnya.

Menurut Ribka, menjaga kesehatan sangat penting. Satu di antaranya menjaga kesehatan mata yang merupakan organ vital manusia.

“Agar tidak cepat terkena penyakit seperti katarak dan sejenisnya, maka kita harus menjaga sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ia menyarankan kepada warga yang mengalami gangguan penglihatan agar segera mungkin memeriksakannya ke dokter. Pemeriksaan bisa dilakukan gratis seandainya warga sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

“Jangan malu atau takut untuk operasi mata. Semua biaya sudah ditanggung pemerintah, seperti BPJS maupun KIS (Kartu Indonesia Sehat),” tandasnya.

Reporter: Ruslan Abdul Gandi | Editor: Herman Me’enk